728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, February 21, 2013

Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar Diprediksi Menang Satu Putaran


Optimistis pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dan H. Deddy Mizwar akan memenangkan pemilukada yang digelar pada 24 Februari 2013 dalam satu putaran.

Hal itu diungkapkan Eep Saefulloh Fatah, CEO PolMark Indonesia Inc., pada konferensi press tentang Elektabilitas para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013 di Bandung, Rabu (20/2).


Menurut Eep, berdasarkan survei yang dilakukan PolMark Research Center (PRC) pada tanggal 16 Februari 2013, elektabilitas atau tingkat keterpilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur H. Ahmad Heryawan—Deddy Mizwar menempati urutan teratas perolehan suara dengan jumlah pemilih sebanyak 26,6 persen.

Posisi kedua ditempati pasangan Dede Macan Effendi Yusuf—Lek Laksamana dengan jumlah pemilih 18,6 persen. Disusul pasangan Rieke Diah Pitaloka—Teten Masduki dengan suara 11,4 persen, lalu Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin (Yance)—Tatang Farhanul Hakim memperoleh suara 8,1 persen, dan terakhir Didik M Arief Mansur—Cecep Nana Suryana Toyib mendapatkan suara 2,4 persen.

Berdasarkan pengalaman survei yang dilakukan PolMark selama ini, Eep optimistis, pasangan H. Ahmad Heryawan—Deddy Mizwar yang memperoleh suara hingga 26,6 persen akan memenangkan pemilihan Gubernur Jawa Barat dalam satu putaran.

Eep Saefulloh Fatah, yang didampingi Didrektur Operasional PolMark Maikal Febriant Syakur dan Manajer Riset dan Pemetaan PolMark Rikola Fedri, mengatakan survei yang dilakukan PolMark Research Center (PRC) melibatkan responden sebanyak 1.200 orang yang diambil secara acak, menggunakan metode multistage random sampling dan tersebar di 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Margin error survei plus minus 2,9 persen,” ujar Eep seraya menambahkan, dari survei tersebut, responden yang belum menentukan pilihan dengan berbagai alasan atau undecided voters tercatat 32,9 pesen.

Pada bagian lain, Eep Saefulloh Fatah menjelaskan alasan mengapa PolMark Indonesia yang juga konsultan pemenangan kandidat Nomor Urut 4, Ahmad Heryawan—Deddy Mizwar, membuka hasil survei kepada publik. Karena sebenarnya, survei yang dilakukan PolMark bertujuan untuk menyusun strategi pemenangan kandidat yang menjadi kliennya dan tidak untuk konsumsi publik.

Namun, atas dasar pertimbangan bahwa publik juga berhak memperoleh informasi lain sebagai penyeimbang atas hasil survei yang dilakukan pihak lain, menurut Eep, PolMark melakukan hal di luar kebiasaannya.

“Dengan kerendahan hati, kami memutuskan untuk mempublikasikan hasil survei kami kepada publik untuk memenuhi hak publik akan informasi yang berimbang dan tidak menyesatkan,” ujarnya.

Menurut Eep Saefulloh, PolMark juga menjadi konsultan pemenangan Joko Widodo—Basuki Tjahaya Purnama dalam Pemilukada DKI Jakarta 2012. Namun hasil survei yang dilakukan PCR tidak pernah mempublikasikan hasilnya melalui media apa pun.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar Diprediksi Menang Satu Putaran Rating: 5 Reviewed By: MUSLIMINA